Contoh Penerapan HACCP dalam Penyajian Makanan di Restaurant



Dipostingan sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan fungsinya. Nah kali ini kita akan membahas lebih teknis mengenai contoh penerapan HACCP. Saya ambil contoh penerapan HACCP di restauran atau rumah makan agar dapat diterapkan banyak orang di dapurnya masing-masing 😀. Jadi, bagi kalian yang belum baca atau mungkin sudah lupa postingan sebelumnya mengenai "Produk Berlogo HACCP" langsung aja klik disini yah...

Sistem HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dapat diterapkan dengan membuat suatu skema HACCP Plan yang berisi analisis sistematis yang berpegang teguh pada 7 prinsip HACCPBerikut adalah HACCP Plan dalam pembuatan makanan secara umum di restauran : 


HACCP Plan diatas merupakan gambaran secara umum pengaplikasian HACCP mulai dari tahap penerimaan bahan baku hingga penyajian. Tentunya HACCP Plan dapat berbeda-beda tergantung menu makanan yang akan dihidangkan sebab bahan baku yang berbeda pasti memiliki penanganan yang berbeda-beda pula. 

Semoga bermanfaat ^^
Jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi feel free to contact us langsung aja klik menu Hubungi Kami/Contact yah :) 


Referensi:

FAO. guidance to governments on the application of HACCP in small and/or less-developed food businesses. (online http://www.fao.org/3/a-a0799e.pdf)   

Loken, K Joan, 1995. The HACCP Food Safety Manual. Canada. John Wiley & Sons Inc.

Comments