Ini 8 Lembaga Resmi Penyedia Sertifikasi HACCP Terbaik di Indonesia


Sistem HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) merupakan suatu managemen sistem untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen. Bagi kalian yang masih bingung apa itu HACCP langsung aja baca postingan sebelumnya disini. Baca juga tulisan ku mengenai HACCP Plan disini 

Saat ini permintaan akan pangan yang aman semakin meningkat, bahkan menjadi suatu kebutuhan. Masyarakat samakin aware terhadap makanan yang dikonsumsinya apalagi dalam situasi COVID 19 saat ini, tentunya isu kesehatan dan keamanan pangan semakin mejadi perhatian. Momen ini merupakan peluang yang baik bagi pelaku usaha pangan untuk bersaing secara nasional/global. Salah satu cara meningkatkan kepercayaan perusahaan anda dimata client atau customer ialah dengan menerapkan sistem HACCP. Sertifikasi HACCP merupkan bukti komitmen suatu perusahaan dalam menjaga keamanan pangan. 

Lalu dimana kita harus mendaftar untuk mendapatkan sertifikat HACCP? 

Setiap negara memiliki lembaga sertifikasi HACPP yang berbeda-beda. Di indonesia sendiri terdapat 8 Lembaga Resmi Terbaik Penyedia Sertifikasi HACCP yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). Langsung saja berikut 8 lembaga tersebut :

1. PT Mutuagung Lestari 

Berlokasi di Jl Raya Bogor KM 35 No 19, Depok

Ruang lingkup bidangnya ialah:  produk-produk susu dan analognya (01), Lemak, minyak dan emulsi minyak (02), Buah dan sayur (04), Kembang gula/permen dan cokelat (05), Serealia dan produk serealia (06), Daging dan produk daging (08), Ikan dan produk perikanan (09), Pemanis termasuk madu (11), Garam, rempah, sup, saus, salad, produk protein (12), Minuman tidak termasuk produk susu, Makanan ringan siap santap (15)Jasa boga (19), dan Produksi kemasan pangan dan bahan kemasan pangan (23)

Sayangnya alamat websitenya tidak dapat saya buka, mungkin lagi maintenence :(  Namun sekilas info mengenai aturan pelaksanaan LS HACCP perusahaan ini dapat dilihat disini

2. PT Embrio Biotekindo

Berlokasi di Pajajaran Indah V No. 1 C, Baranangsiang, Bogor 

Didirikan oleh Bapak Teknologi Pangan Indonesia Prof.Dr. F.G Winarno. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan untuk menjamin keamanan pangan seperti jasa sertifikasi keamanan pangan (HACCP, GMP, ISO 22000, ISO 9001), inspeksi pangan, uji lab, dll 

Ruang lingkupnya ialah: produk - produk susu dan analognya (01); es untuk dimakan (03);

buah dan sayur (04); kembang gula/permen dan cokelat (05); serealia dan produk serealia (06); produk bakteri (07); Daging dan produk daging (08); Pemanis termasuk madu (11); Garam, rempah, sup, saus, salad, produk protein (12); Produk pangan untuk keperluan gizi khusus (13); minuman tidak termasuk produk susu (14); Makanan ringan siap santap (15); pangan campuran (komposit) (16); Jasa boga (19); Produksi kemasan pangan dan bahan kemasan pangan (23); dan produksi dari bahan (bio) kimia (25) 

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat website embrio disini 


3. PT SGS Indonesia

Berlokasi di The Garden Centre 2nd Floor, Cilandak Commercial Estate, Jakarta 
Merupakan multinasional company yang sudah terbukti banyak memberikan sertifikasi di berbagai negara termasuk Indonesia

Ruang lingkup bidangnya ialah: Produk-produk susu dan analognya (01); lemak, minyak dan emulsi minyak (02); buah dan sayur (04); serealia dan produk serealia (06); produk bakteri (07); Daging dan produk daging (08); Ikan dan produk perikanan (09); Garam, rempah, sup, saus,salad, produk protein (12); Produk pangan untuk keperluan gizi khusus (13); Minuman, tidak termasuk produk susu (14); Jasa boga (19); dan produksi dari bahan (bio) kimia (25) 

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini

4. PT Sucofindo (Persero)-SBU Sertiifkasi Eco Framework Sucofindo International Sertification Service

Alamatnya di Graha Sucofindo Lt.B1 Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34, Jakarta Selatan
Perusahaan ini merupkaan Badan Usaha Milik Negara yang merupakan anggota dari Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI). Perusahaan ini memiliki cakupn sertifikasi yang luas. 

Ruang lingkupnya ialah: Lemak, minyak dan emulsi minyak (02); Buah dan sayur (04); Kembang gula/permen dan cokelat (05); Serealia dan produk serealia (06); Daging dan produk daging (08); serealia, biji bijian, umbi umbian, dan hasil olahannya (09); Pemanis termasuk madu (11); Garam, rempah, sup, saus, salad, dan produk protein (12); rempah -rempah dan hasil olahannya serta bumbu (14); Makanan ringan siap santap (15); Jasa Boga (19); dan produksi dari bahan biokimia (25)

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini 

5. Agro-Based Industry Certification Services (ABICS) Balai Besar Industri Agro

Alamatnya di Jl. Ir. H. Juanda No. 11, Bogor, Jawa Barat. Merupakan lembaga sertifikasi BBIA dibawah naungan Kementerian Perindustrian. 

Ruang lingkupnya ialah: Produk - produk susu dan analognya (01); Lemak, minyak dan emulsi minyak (02);Es untuk dimakan (03); buah dan sayur (04); kembang gula/permen dan cokelat (05); serealia dan produk serealia (06); produk bakteri (07); Daging dan produk daging (08); Ikan dan produk perikanan (09); Telur dan produk telur (10); Pemanis termasuk madu (11); Garam, rempah, sup, saus, salad, produk protein (12); Produk pangan untuk keperluan gizi khusus (13); minuman tidak termasuk produk susu (14); Makanan ringan siap santap (15); dan pangan campuran (komposit) (16)

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini   

6. PT TUV Rheinland Indonesia 

Beralamat di Menara Karya Lt. 10, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 Kav 1 - 2, Jakarta. Perusahaan ini berasal dari Jerman dan telah melayani berbagai macam jenis sertifikasi diberbagai negara termasuk Indonesia

Ruang lingkupnya ialah: Produk - produk susu dan analognya (01); lemak, minyak dan emulsi minyak (02); Buah dan sayur (04); Kembang gula/permen dan cokelat (05); Serealia dan produk serealia (06); Produk Bakeri (07); Daging dan produk daging (08); Telur dan produk - produk telur Pemanis termasuk madu (11); garam, rempah, sup, saus, salad, dan produk protein (12) minuman tidak termasuk produk susu (14); Makanan ringan siap santap (15); Jasa Boga (19); dan Produksi dari bahan biokimia (25)

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini 

7. LJPKS Institut Pertanian Bogor

Merupakan lembaga sertifikasi Kampus IPB yang terletak di Baranangsiang, Jl. Raya Padjajaran – Bogor. Lembaga sertifikasi ini bernaung dibawah Lab Jasa Pengujian, Kalibrasi, da Sertifikasi IPB (LJPKS-IPB). 

Ruang lingkupnya ialah: Produk - produk susu dan analognya (01); Lemak, minyak dan emulsi minyak (02); Buah dan sayur (04); Serealia dan produk serealia (06); Produk bakteri (07); Daging dan produk daging (08); Ikan dan produk perikanan (09); Pemanis termasuk madu, Garam, rempah, sup, saus, salad, produk protein (12); Produk pangan untuk keperluan gizi khusus (13); Minuman tidak termasuk produk susu (14); Produksi dari bahan (bio) kimia (25) 

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini 

8. PT TUV NORD Indonesia 

Beralamat di Perkantoran Hijau Arkadia, Jl. Letjen TB. Simatupang Kav.88, Tower F Part of 7th Floor, Suite 704, Jakarta. Merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1869, berkantor pusat di Hanover, Jerman. Perusahaan ini telah memiliki cabang di banyak negara termasuk Indonesia.

Ruang lingkupnya ialah:
 Produk bakeri (07); Garam, rempah, sup, saus, salad, produk protein (12); Pangan campuran (komposit) yaitu pangan yang tidak termasuk kategori pangan 01 dengan produk pangan 15 (16); dan Jasa boga (19)

Info lengkapnya dapat dilihat di alamat websitenya disini

------------------------------------------------------------
Itulah lembaga penyedia sertifikasi HACCP Resmi terakrditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) Indonesia . Kira-kira kamu pilih yang mana? jawab dikolom komentar yah 😀 Jika ada pertanyaan feel free to contact us langsung aja hubungi kami di menu Hubungi Kami/Contact, semoga bermanfaat 😊

Comments